PERAN DAN FUNGSI PEMBELAJARAN ICT DAN WEB (8)


PERAN DAN FUNGSI PEMBELAJARAN ICT DAN WEB


BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Media pembelajaran merupakan suatu bagian yang integral dari suatu proses pendidikan di sekolah. Secara harfiah media berarti perantara atau pengantar atau wahana/penyaluran pesan/informasi belajar. Pengertian secara harfiah ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan wadah dari pesan yang disampaikan oleh sumber yaitu guru, kepada sasaran atau penerima pesan yakni siswa yang belajar pendidikan agama Islam. Sedangkan tujuan penggunaan media pembelajaran PAI tersebut adalah supaya proses pembelajaran PAI dapat berlangsung dengan baik. Pembelajaran disekolah pada saat ini sudah mulai disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi, sehingga terjadi  perubahan dan pergeseran paradigma pendidikan. Perkembangan pesat dibidang teknologi informasi khususnya internet, mempercepat aliran ilmu pengetahuan yang menembus batas-batas dimensi ruang, birokrasi, kemapanan, dan waktu. Program-program di internet bukan hanya menampilkan data dan informasi yang dapat ditransmisikan dengan kecepatan tinggi, tetapi juga ilmu pengetahuan yang dapat diakses secara cepat oleh penggunanya.
Kemajuan dan perkembangan teknologi sudah demikian menonjol, sehingga penggunaan alat-alat bantu mengajar seperti alat-alat audio,visual serta perlengkapan sekolah disesuaikan dengan perkembangan jaman tersebut. Dan juga harus disesuaikan dnegan tuntutan kurikulum sesuai dengan materi, metode, dan tingkat kemampuan belajar siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik disekolah.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian ICT Dan WEB ? 
2. Apa Peran dan fungsi pembelajaran PAI  berbasis ICT ?
3. Apa Peran dan fungsi pembelajaran PAI berbasis WEB ?
BAB II
PEMBAHASAN
A.Pengertian  ICT dan WEB
(Information and Communication Technology) atau yang lebih dikenal dengan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) adalah berbagai aspek yang melibatkan teknologi, rekayasa dan teknik pengolahan yang digunakan dalam pengendalian dan pemrosesan informasi serta penggunaannya, hubungan computer dengan manusia dan hal yang berkaitan dengan social, ekonomi dan kebudayaan Pengertian lainnya diungkapkan oleh beberapa orang ahli (Abdul Kadir,2003:13) antara lain dalam kamus Oxford dituliskan bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika terutama computer, untuk menyimpan, menganalisis dan mendistribusikan informasi apa saja,termasuk kata-kata, bilangan dan gambar.
Dengan begitu, TIK/ICT mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan  teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
Dalam menghadirkan fungsi teknologi asas praktis, efektif dan efisien menjadi acuan utama. Artinya kalau kehadirannya justru menyulitkan dan menambah beban materi dan waktu maka kehadiran TIK justru tidak ada gunanya.[1]

1.      Definisi Teknologi Informasi Menurut Para Ahli
Pengertian teknologi informasi menurut Haag dan Keen bahwa teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
Williams dan Sawyer (2003) : Menurut williams dan sawyer, bahwa pengertian teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
Martin (1999) : Menurut martin bahwa teknologi informasi merupakan teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.
Jadi, teknologi informasi adalah istilah umum untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan menyebarkan informasi.
Peranan teknologi informasi sekarang ini tidak hanya diperuntukkan bagi organisasi, melainkan juga untuk butuh perorangan. Bagi organisasi, teknologi informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif, sedangkan bagi perseorangan maka teknologi ini dapat digunakan untuk keunggulan pribadi, termasuk untuk mencari pekerjaan.
Teknologi Informasi bisa dikatakan telah merasuki kesegala bidang dan keberbagai lapisan masyarakat. Pada masa sekarang ponsel dengan kemampuan mengambil informasi dari internet telah menjadi barang yang biasa dipakai orang untuk berkomunikasi, yang menjadikan jarak seperti tak terasa. Orang menjadi terbiasa dengan surat elektronik (e-mail) dan mulai menjauhi penggunaan surat konvensional yang menggunakan kertas. Orang lebih suka  menggunakan program-program pengolah kata untuk membuat dokumen daripada memakai mesin ketik biasa.[2]
Banyak hal yang terjadi seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Salah satunya yaitu dalam dunia pendidikan yang akan kami paparkan dalam pembahasan dibawah ini.

B.Peran dan Fungsi Pembelajaran PAI berbasis ICT
Peran dan tugas para pendidik dan tenaga kependidikan pada intinya adalah menciptakan berbagai aktivitas untuk keberhasilan siswa dalam belajar. Dalam hal ini tekhnologi dapat dikatakan sebagai alat bantu bagi pendidik dan tenaga kependidikan di dalam menjalankan tugas dan peranannya tersebut. Tekhnologi pembelajaran menfokuskan kajiannya pada desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian proses dan hasil belajar. Dengan demikian nyata bahwa tekhnologi pembelajaran dapat sangat membantu para pendidik dan tenaga kependidikan melaksanakan tugasnya dengan baik.[3]
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memilliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu:
a.Teknologi berfungsi sebagai alat (tools), dalam hal ini TIK digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu pembelajaran, misalnya dalam mengolah kata, mengolah angka, membuat unsur grafis, membuat program administratif untuk siswa, guru dan staf, data kepegawaian, keuangan dan sebagainya.
b.Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science). Dalam hal ini teknologi sebagai bagian dari disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh siswa. Misalnya teknologi komputer dipelajari oleh beberapa jurusan di perguruan tinggi seperti informatika, manajemen informasi, ilmu komputer. Dalam pembelajaran di sekolah sesuai kurikulum pada tahun 2006 terdapat mata pelajaran TIK sebagai ilmu pengetahuan yang harus dikuasi siswa semua kompetensinya.[4]
c.Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran.
Dalam pendidikan agama Islam pula, seperti yang diungkapkan oleh Prof. Tajul Ariffin Noordin bahwa penggunaan teknologi canggih seperti komputer sangat penting dan dapat mempengaruhi perkembangan pendidikan agam Islam. Pertama, penggunaan komputer dalam PBM dapat berperanan sebagai alat bantu untuk memungkinkan pendidikan agama Islam meluaskan skop paradigma ilmunya.
Kedua adalah bagaimana kita dapat menggunakan dan mengeksploitasi secara positif segala bentuk teknologi yang ada untuk menjadikan pendidikan agama Islam sebagai dasar pengajian ilmu pendidikan atau dasar ilmu-ilmu.
Ketiga bagaimana kita dapat memanfaatkan teknologi untuk membina konsep ketauhidan ilmu-ilmu. Ini bermaksud dengan teknologi kita dapat menerangkan bahwa ilmu itu sebenarnya bersifat kesatuan. Tahap kelima ini melengkapkan usaha kita untuk membina peradaban Islam yang maju.
Walaupun teknologi pada saat ini memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran, akan tetapi dalam kontens pembelajaran PAI ada hal-hal yang tidak boleh untuk divisualisasikan. Contoh ketika menjelaskan tentang sifat rahman Allah, maka yang bisa divisualisasikan adalah sifat-Nya bukan zat-Nya. Contoh sifat rahman Tuhan, "seekor induk burung memberi makanan kepada anaknya". Adegan ini dapat divisualkan melalui IT, tapi Zat Tuhan tidak boleh divisualkan, karena Tuhan berbeda dengan ciptaan-Nya. lain sebagainya.
Dalam pembelajaran sejarah peradaban Islam dapat ditayangkan film tentang perjuangan nabi (selain nabi boleh divisualkan) seperti perang badar dan perang uhud. Film tentang penyebaran Islam di Nusantara (wali songo) yang menyebarkan Islam melalui bisnis dan perdagangan, film tentang tokoh saintis muslim seprti Ibnu Sina, al-Ghazali, dan sebagainya. Dalam bidang seni dapat divisualkan tentang keindahan seni kaligrafi, seni nasyid, seni sastra, dan lain sebagainya
Penggunaan Information And Communication Technologies (ICT dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi salah satu media pembelajaran yang saat banyak diterapkan oleh sekolah. Pembelajaran ICT dalam pembelajaran PAI disajikan secara teknis melalui pengembangan silabus dengan ilmiah, sehingga seluruh rangkaian materi yang disampaikan dapat dipertanggung jawabkan dengan tetap merujuk kepada sumber primer dalam pendidikan agama Islam yakni Al Qur’an dan Hadits. Misalnya, menyediakan aplikasi maktabah syamilah yang berisi literatur kitab klasik, situs Islam, channel youtubeislami, dan lainnya. Sehingga proses pembelajaran menjadi lebih atraktif dan dinamis. Oleh sebab itu, secara garis besar penerapan ICT/TIK dalam pembelajaran termasuk pembelajaran terbagi atas tiga bagian yakni, situs (website) pembelajaran, email, dan silabus daring (online).ICT yang tepat digunakan dalam pembelajaran PAI secara umum masih sama dengan pelajaran mata pelajaran yang lain, hal yang membedakan lebih pada muatan materi, media, dan alat bantu yang digunakan. ICT dalam pembelajaran PAI lebih merupakan media yang dapat dipakai dalam proses pembelajaran yang mampu menghadirkan suasana Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM). Suasana ‘menyenangkan’ atau ‘fun’ sebagai suasana belajar dalam keadaan gembira yang terhindar dari suasana gembira disini bukan berarti suasana ribut, huru-hara, kesenangan  yang sembrono dan kemeriahan yang  dangkal. [5]

C. Peran dan fungsi pembelajaran PAI berbasis WEB
Web/Website Secara terminologi, website adalah kumpulan dari halaman- halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web ( WWW ) di dalam Internet.22 Web merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di beberapa komputer server yang berada di seluruh penjuru dunia dan terhubung menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut internet. Hampir 80% layanan internet adalah website.[6]
Multimedia pada web adalah digunakan untuk meendukung multimeduia, komputer klien harus dilengkapi dengan program yang  disebut viewer atau terkadang disebut plug in. Program-program ini perlu disediakan karena sejumlah berkas tetentu memang tidajk didukung oleg browser. Sebagai contoh untuk memainkan berkas film berekstensi MOV diperlukan perangkat lunak Quick Time.
Web berfungsi sebagai sarana informasi dan wawasan ilmu pengetahuan, sepertihalnya kita dapat mengetahui informasi yang selalu berkembang, dan agar kita tidak tertinggal dengan dengan tekhnologi yang semakin maju ini. Terdapat ilmuan yang melakukan penelitian mengenai apa, dan hal yang lainnya. Hal-hal tadi kita dapat mengetahui secara cepat melalui Internet secara cepat dan langsung, luar negeri bahkan yang berbeda benua pun kita dapat memperoleh informasi secara cepat dan langsung, sangat mudah bukan? Dari sini tentu dapat kita ambil manfaat dari internet yaitu sebagai penambah informasi dan wawasan ilmu pengetahuan. Tapi jangan lupakan bahwa, inforasi yang dapat di akses hanya yang bersifat umum saja, apabila pembahasan sudah masuk keranah yang lebih bahkan sangat khusus mungkn akan dilakukan proteksi dari server pada perihal tersebut yang negative maka dampaknya akan lebih buruk bagi yang menggunakannya.[7]
Beberapa fungsi dan manfaat dari penggunaan internet, masih banyak lagi fungsi dan manfaat yang dapat kita ambil dari sebuah internet, dan pasti kita telah mengetauinya, Dikarenakan sifatnya yang maya/virtual, pembelajaran dianggap telah memberikan  flexibilitas terhadap kegiatan pengaksesan materi pembelajaran dengan hal yang positif maka ia akan bernilai positif, namun sebaliknya, jika hanya di gunakan dengan hal-hal yang negatif pula.
            World Wide Web adalah sumber daya di internet yang sangnat populer dan dapat digunakan  untuk memperoleh  informasi atau bahkan melalui transaksi barang. Web berfungsi sebagai sarana informasi dan wawasan ilmu pengetahuan, sepertihalnya kita dapat mengetahui informasi yang selalu berkembang, dan agar kita tidak tertinggal dengan dengan tekhnologi yang semakin maju.
Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaa internet tidak mengenal btas negara, ras,kelasekonomi, ideologi atau faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran fikiran,internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kodeetik yang dihormati segenap anggotanya.Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atu kelompok tanpamengenal batas jarak da waktu. Di luar negri, khususnya di Amerika Serikat, IT da Internetsudah betul-betul merasuk ke dalam kehidupan sehari-hari. Dalam berbagai hal dapat kitalihat implikasinya. Diantaranya implikasi dalam pendidikan seperti :
Adanya internet membuka sumber informasi yang tadinya susah diakses. Adanya internetmemungkinkan seseorang di indonesia untuk mengakses perpustakaan di Amerika Serikat.Tukar menukar informasi atau tanya jawab dengan pakar dapat dilakukan melalui internet.
Adanya internet bayak tugas ahir dan thesis yang mungkin membutuhkan waktu yanglebih banyak untuk diselesaikan. Bagi indonesia, manfaat yang disebutkan di atas sudah dapatmenjadi alasan yang kuat untuk menjadikan Internet sebagai infrastruktur bidang pendidikan.
Manfaat internet dalam dunia pendidikan sangat besar pengaruhnya, selain yang disebutkandiatas internet juga dapat mempermudah siswa untuk mencari informasi, menambah pengetahuan tentang negara luar dan ilmu/ pengetahuan di bidangnya. Bisa juga sewktu-waktu guru menugaskan siswa mengirim tugasnya melalui email.

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
 Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT) merupakan media atau bantu untuk melakukan kegiatan seperti pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi. ICT mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. ICT sangat diperlukan dalam pembelajaran di era sekarang ini. Dengan prinsip penggunaan ICT yang efektif dan efisien, optimal, menarik, dan merangsang daya kreativitas, ICT menjadi salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan di berbagai bidang pendidikan karena meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran. .Penggunaan ICT dalam pembelajaran antara lain sebagai tutorial, eksplorasi, alat aplikasi, dan komunikasi. Sedangkan penerapan ICT dalam dunia pendidikan adalah berupa buku elektronik dan e-learning.


[3]Wina Sanjaya,Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar ProsesPendidikan
(Jakarta, Prenada Media Group, 2009) hlm. 126

[4]Muhaimin, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, hlm. 75

[5]  Bambang Warsita,Tekhnologi Pembelajaran, (Jakarta: PT. Rineka Cipta,2008), hlm. 137-138

[6]Azhar Arsyad,Media Pembelajaran, (Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada, 2003), hlm.4-3

[7] Yusufhadi Miarso, dkk,Tegnologi Komunikasi Prndidikan, (Jakarta: CV Rajawali, 1984), hlm. 14

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep dasar pembelajaran berbasis ICT dan WEB Desaian Pembelajaran PAI Berbasis WEB (12)

MANFAAT PEMBELAJARAN PAI BERBASIS ACT DAN WEB (9)