PERAN DAN FUNGSI PEMBELAJARAN ICT DAN WEB (8)
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Media pembelajaran merupakan suatu bagian yang
integral dari suatu proses pendidikan di sekolah. Secara harfiah media berarti
perantara atau pengantar atau wahana/penyaluran pesan/informasi belajar. Pengertian
secara harfiah ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Pendidikan Agama Islam
merupakan wadah dari pesan yang disampaikan oleh sumber yaitu guru, kepada
sasaran atau penerima pesan yakni siswa yang belajar pendidikan agama Islam.
Sedangkan tujuan penggunaan media pembelajaran PAI tersebut adalah supaya
proses pembelajaran PAI dapat berlangsung dengan baik. Pembelajaran disekolah
pada saat ini sudah mulai disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi,
sehingga terjadi perubahan dan pergeseran paradigma pendidikan.
Perkembangan pesat dibidang teknologi informasi khususnya internet, mempercepat
aliran ilmu pengetahuan yang menembus batas-batas dimensi ruang, birokrasi,
kemapanan, dan waktu. Program-program di internet bukan hanya menampilkan data
dan informasi yang dapat ditransmisikan dengan kecepatan tinggi, tetapi juga
ilmu pengetahuan yang dapat diakses secara cepat oleh penggunanya.
Kemajuan dan perkembangan teknologi
sudah demikian menonjol, sehingga penggunaan alat-alat bantu mengajar seperti
alat-alat audio,visual serta perlengkapan sekolah disesuaikan dengan
perkembangan jaman tersebut. Dan juga harus disesuaikan dnegan tuntutan
kurikulum sesuai dengan materi, metode, dan tingkat kemampuan belajar siswa
agar dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik disekolah.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian ICT Dan WEB ?
2. Apa Peran dan fungsi pembelajaran PAI berbasis ICT ?
3. Apa Peran dan fungsi pembelajaran PAI berbasis WEB ?
BAB II
PEMBAHASAN
A.Pengertian ICT
dan WEB
(Information and Communication Technology) atau yang
lebih dikenal dengan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) adalah berbagai
aspek yang melibatkan teknologi, rekayasa dan teknik pengolahan yang digunakan
dalam pengendalian dan pemrosesan informasi serta penggunaannya, hubungan
computer dengan manusia dan hal yang berkaitan dengan social, ekonomi dan
kebudayaan Pengertian lainnya diungkapkan oleh beberapa orang ahli (Abdul
Kadir,2003:13) antara lain dalam kamus Oxford dituliskan bahwa teknologi
informasi dan komunikasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika
terutama computer, untuk menyimpan, menganalisis dan mendistribusikan informasi
apa saja,termasuk kata-kata, bilangan dan gambar.
Dengan begitu, TIK/ICT mencakup dua aspek yaitu
teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi
segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu,
manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi
adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk
memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Jadi
Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian yaitu segala kegiatan
yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi
antar media.
Dalam
menghadirkan fungsi teknologi asas praktis, efektif dan efisien menjadi acuan
utama. Artinya kalau kehadirannya justru menyulitkan dan menambah beban materi
dan waktu maka kehadiran TIK justru tidak ada gunanya.[1]
1. Definisi
Teknologi Informasi Menurut Para Ahli
Pengertian teknologi informasi menurut Haag dan Keen
bahwa teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja
dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan
informasi.
Williams
dan Sawyer (2003) : Menurut williams dan sawyer, bahwa pengertian
teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer)
dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
Martin (1999) : Menurut martin bahwa teknologi
informasi merupakan teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer
(perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan
menyimpan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk
mengirim atau menyebarluaskan informasi.
Jadi,
teknologi informasi adalah istilah umum untuk membantu manusia dalam membuat,
mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan menyebarkan informasi.
Peranan teknologi informasi sekarang ini tidak hanya
diperuntukkan bagi organisasi, melainkan juga untuk butuh perorangan. Bagi
organisasi, teknologi informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan
kompetitif, sedangkan bagi perseorangan maka teknologi ini dapat digunakan
untuk keunggulan pribadi, termasuk untuk mencari pekerjaan.
Teknologi Informasi bisa dikatakan telah merasuki
kesegala bidang dan keberbagai lapisan masyarakat. Pada masa sekarang ponsel
dengan kemampuan mengambil informasi dari internet telah menjadi barang yang
biasa dipakai orang untuk berkomunikasi, yang menjadikan jarak seperti tak terasa.
Orang menjadi terbiasa dengan surat elektronik (e-mail) dan mulai menjauhi
penggunaan surat konvensional yang menggunakan kertas. Orang lebih
suka menggunakan program-program pengolah kata untuk membuat dokumen
daripada memakai mesin ketik biasa.[2]
Banyak
hal yang terjadi seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Salah satunya
yaitu dalam dunia pendidikan yang akan kami paparkan dalam pembahasan dibawah
ini.
B.Peran
dan Fungsi Pembelajaran PAI berbasis ICT
Peran dan tugas para pendidik dan tenaga
kependidikan pada intinya adalah menciptakan berbagai aktivitas untuk
keberhasilan siswa dalam belajar. Dalam hal ini tekhnologi dapat dikatakan
sebagai alat bantu bagi pendidik dan tenaga kependidikan di dalam menjalankan
tugas dan peranannya tersebut. Tekhnologi pembelajaran menfokuskan kajiannya
pada desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian proses dan
hasil belajar. Dengan demikian nyata bahwa tekhnologi pembelajaran dapat sangat
membantu para pendidik dan tenaga kependidikan melaksanakan tugasnya dengan
baik.[3]
Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) memilliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam
kegiatan pembelajaran, yaitu:
a.Teknologi berfungsi sebagai alat (tools), dalam
hal ini TIK digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk
membantu pembelajaran, misalnya dalam mengolah kata, mengolah angka, membuat
unsur grafis, membuat program administratif untuk siswa, guru dan staf, data
kepegawaian, keuangan dan sebagainya.
b.Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan
(science). Dalam hal ini teknologi sebagai bagian dari disiplin ilmu yang harus
dikuasai oleh siswa. Misalnya teknologi komputer dipelajari oleh beberapa
jurusan di perguruan tinggi seperti informatika, manajemen informasi, ilmu
komputer. Dalam pembelajaran di sekolah sesuai kurikulum pada tahun 2006
terdapat mata pelajaran TIK sebagai ilmu pengetahuan yang harus dikuasi siswa
semua kompetensinya.[4]
c.Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu
untuk pembelajaran.
Dalam
pendidikan agama Islam pula, seperti yang diungkapkan oleh Prof. Tajul Ariffin
Noordin bahwa penggunaan teknologi canggih seperti komputer sangat penting dan
dapat mempengaruhi perkembangan pendidikan agam Islam. Pertama, penggunaan
komputer dalam PBM dapat berperanan sebagai alat bantu untuk memungkinkan
pendidikan agama Islam meluaskan skop paradigma ilmunya.
Kedua
adalah bagaimana kita dapat menggunakan dan mengeksploitasi secara positif
segala bentuk teknologi yang ada untuk menjadikan pendidikan agama Islam
sebagai dasar pengajian ilmu pendidikan atau dasar ilmu-ilmu.
Ketiga
bagaimana kita dapat memanfaatkan teknologi untuk membina konsep ketauhidan
ilmu-ilmu. Ini bermaksud dengan teknologi kita dapat menerangkan bahwa ilmu itu
sebenarnya bersifat kesatuan. Tahap kelima ini melengkapkan usaha kita untuk
membina peradaban Islam yang maju.
Walaupun
teknologi pada saat ini memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran,
akan tetapi dalam kontens pembelajaran PAI ada hal-hal yang tidak boleh untuk
divisualisasikan. Contoh ketika menjelaskan tentang sifat rahman Allah, maka
yang bisa divisualisasikan adalah sifat-Nya bukan zat-Nya. Contoh sifat rahman
Tuhan, "seekor induk burung memberi makanan kepada anaknya". Adegan
ini dapat divisualkan melalui IT, tapi Zat Tuhan tidak boleh divisualkan,
karena Tuhan berbeda dengan ciptaan-Nya. lain sebagainya.
Dalam
pembelajaran sejarah peradaban Islam dapat ditayangkan film tentang perjuangan
nabi (selain nabi boleh divisualkan) seperti perang badar dan perang uhud. Film
tentang penyebaran Islam di Nusantara (wali songo) yang menyebarkan Islam
melalui bisnis dan perdagangan, film tentang tokoh saintis muslim seprti Ibnu
Sina, al-Ghazali, dan sebagainya. Dalam bidang seni dapat divisualkan tentang
keindahan seni kaligrafi, seni nasyid, seni sastra, dan lain sebagainya
Penggunaan Information And Communication
Technologies (ICT dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi
salah satu media pembelajaran yang saat banyak diterapkan oleh sekolah.
Pembelajaran ICT dalam pembelajaran PAI disajikan secara teknis melalui
pengembangan silabus dengan ilmiah, sehingga seluruh rangkaian materi yang
disampaikan dapat dipertanggung jawabkan dengan tetap merujuk kepada sumber
primer dalam pendidikan agama Islam yakni Al Qur’an dan Hadits. Misalnya, menyediakan
aplikasi maktabah syamilah yang berisi literatur kitab klasik, situs
Islam, channel youtubeislami, dan lainnya. Sehingga proses pembelajaran
menjadi lebih atraktif dan dinamis. Oleh sebab itu, secara garis besar
penerapan ICT/TIK dalam pembelajaran termasuk pembelajaran terbagi atas tiga
bagian yakni, situs (website) pembelajaran, email, dan silabus daring
(online).ICT yang tepat digunakan dalam pembelajaran PAI secara umum masih sama
dengan pelajaran mata pelajaran yang lain, hal yang membedakan lebih pada
muatan materi, media, dan alat bantu yang digunakan. ICT dalam pembelajaran PAI
lebih merupakan media yang dapat dipakai dalam proses pembelajaran yang mampu
menghadirkan suasana Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan
(PAKEM). Suasana ‘menyenangkan’ atau ‘fun’ sebagai suasana
belajar dalam keadaan gembira yang terhindar dari suasana gembira disini bukan
berarti suasana ribut, huru-hara, kesenangan yang sembrono dan kemeriahan
yang dangkal. [5]
C.
Peran dan fungsi pembelajaran PAI berbasis WEB
Web/Website Secara terminologi, website adalah
kumpulan dari halaman- halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau
subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web ( WWW ) di dalam
Internet.22 Web merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di
beberapa komputer server yang berada di seluruh penjuru dunia dan terhubung
menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut internet. Hampir 80%
layanan internet adalah website.[6]
Multimedia pada web adalah digunakan untuk
meendukung multimeduia, komputer klien harus dilengkapi dengan program
yang disebut viewer atau terkadang disebut plug in. Program-program ini
perlu disediakan karena sejumlah berkas tetentu memang tidajk didukung oleg
browser. Sebagai contoh untuk memainkan berkas film berekstensi MOV diperlukan
perangkat lunak Quick Time.
Web berfungsi sebagai sarana informasi dan wawasan
ilmu pengetahuan, sepertihalnya kita dapat mengetahui informasi yang selalu
berkembang, dan agar kita tidak tertinggal dengan dengan tekhnologi yang
semakin maju ini. Terdapat ilmuan yang melakukan penelitian mengenai apa, dan
hal yang lainnya. Hal-hal tadi kita dapat mengetahui secara cepat melalui
Internet secara cepat dan langsung, luar negeri bahkan yang berbeda benua pun
kita dapat memperoleh informasi secara cepat dan langsung, sangat mudah bukan?
Dari sini tentu dapat kita ambil manfaat dari internet yaitu sebagai penambah
informasi dan wawasan ilmu pengetahuan. Tapi jangan lupakan bahwa, inforasi
yang dapat di akses hanya yang bersifat umum saja, apabila pembahasan sudah
masuk keranah yang lebih bahkan sangat khusus mungkn akan dilakukan proteksi
dari server pada perihal tersebut yang negative maka dampaknya akan lebih buruk
bagi yang menggunakannya.[7]
Beberapa fungsi dan manfaat dari penggunaan
internet, masih banyak lagi fungsi dan manfaat yang dapat kita ambil dari
sebuah internet, dan pasti kita telah mengetauinya, Dikarenakan sifatnya yang
maya/virtual, pembelajaran dianggap telah
memberikan flexibilitas terhadap kegiatan pengaksesan materi
pembelajaran dengan hal yang positif maka ia akan bernilai positif, namun
sebaliknya, jika hanya di gunakan dengan hal-hal yang negatif pula.
World Wide Web adalah sumber daya di
internet yang sangnat populer dan dapat digunakan untuk memperoleh
informasi atau bahkan melalui transaksi barang. Web berfungsi sebagai sarana
informasi dan wawasan ilmu pengetahuan, sepertihalnya kita dapat mengetahui
informasi yang selalu berkembang, dan agar kita tidak tertinggal dengan dengan
tekhnologi yang semakin maju.
Satu
hal yang paling menarik ialah keanggotaa internet tidak mengenal btas negara,
ras,kelasekonomi, ideologi atau faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran fikiran,internet
adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki
kodeetik yang dihormati segenap anggotanya.Manfaat internet terutama diperoleh
melalui kerjasama antar pribadi atu kelompok tanpamengenal batas jarak da
waktu. Di luar negri, khususnya di Amerika Serikat, IT da Internetsudah
betul-betul merasuk ke dalam kehidupan sehari-hari. Dalam berbagai hal dapat
kitalihat implikasinya. Diantaranya implikasi dalam pendidikan seperti :
Adanya
internet membuka sumber informasi yang tadinya susah diakses. Adanya
internetmemungkinkan seseorang di indonesia untuk mengakses perpustakaan di
Amerika Serikat.Tukar menukar informasi atau tanya jawab dengan pakar dapat
dilakukan melalui internet.
Adanya internet bayak tugas ahir dan thesis yang
mungkin membutuhkan waktu yanglebih banyak untuk diselesaikan. Bagi indonesia,
manfaat yang disebutkan di atas sudah dapatmenjadi alasan yang kuat untuk
menjadikan Internet sebagai infrastruktur bidang pendidikan.
Manfaat
internet dalam dunia pendidikan sangat besar pengaruhnya, selain yang
disebutkandiatas internet juga dapat mempermudah siswa untuk mencari informasi, menambah pengetahuan
tentang negara luar dan ilmu/ pengetahuan di bidangnya. Bisa juga sewktu-waktu
guru menugaskan siswa mengirim tugasnya melalui email.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan
istilah Information and Communication Technologies (ICT) merupakan media atau
bantu untuk melakukan kegiatan seperti pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan
transfer/pemindahan informasi. ICT mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi
dan teknologi komunikasi. ICT sangat diperlukan dalam pembelajaran di era
sekarang ini. Dengan prinsip penggunaan ICT yang efektif dan efisien, optimal,
menarik, dan merangsang daya kreativitas, ICT menjadi salah satu media
pembelajaran yang banyak digunakan di berbagai bidang pendidikan karena
meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran. .Penggunaan
ICT dalam pembelajaran antara lain sebagai tutorial, eksplorasi, alat aplikasi,
dan komunikasi. Sedangkan penerapan ICT dalam dunia pendidikan adalah berupa
buku elektronik dan e-learning.
[1]http://anggunjha.blogspot.com/2014/09/pengertian-ict-information-and.html (Diakses
pada 29 april 2019)
(Jakarta,
Prenada Media
Group,
2009)
hlm. 126
Komentar
Posting Komentar